Diagram Alur (FLOWCHART)
Flowchart
·
Flowchart
adalah representasi grafik
dari langkah-langkah yang
harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang
terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing simbol
merepresentasikan suatu kegiatan
tertentu.
·
Flowchart diawali
dengan penerimaan input, pemrosesan input, dan diakhiri dengan
penampilan output.
·
bagan yang menggambarkan urutan logika dari
suatu prosedur pemecahan masalah.
·
suatu
diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program
Simbol-simbol
yang digunakan adalah sebagai berikut:

Simbol
Flowchart
Flowchart
terdiri dari 3 struktur:
1.
Struktur Sederhana
Diagram
yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah atau dengan kata lain
tidak adanya percabangan atau pengulangan.
Bentuk
flowchart tersebut seperti:

Flowchart Sederhana
Contoh
dari flowchart dengan struktur sederhana ini seperti algoritma untuk menghitung
luas segitiga, luas persegi panjang, luas lingkaran.
2.
Struktur Branching / Percabangan
Diagram
yg alurnya terjadi/terdapat alih kontrol berupa percabangan.
Flowchart
dengan stuktur percabangan digunakan
untuk meyeleksi kondisi dan menentukan pilihan proses selanjutnya.
Bentuk
flowchart tersebut seperti :

Flowchart
Branching
contoh
: flowchart dari algoritma menentukan apakah bilangan yang dimasukan ganjil
atau genap
3.
Struktur Looping / Perulangan
Flowchart
dengan Struktur perulangan digunakan untuk mengulangi langkah-langkah
sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.
Bentuk
flowchart tersebut seperti:

Flowchart
Looping
Contoh
dari flowchart ini misalnya algoritma untuk menentukan bilangan ganjil dibawah
nilai 20. Sehingga proses mencetak bilangan tersebut akan dilakukan sampai
kondisi terpenuhi yaitu 20.
Catatan:
Ketiga
struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur.
VARIABEL
Digunakan
sebagai tempat untuk menyimpan nilai yang sejenis. Terdiri dari nama dari
variabel itu sendiri dan nilai yang disimpan.
Contoh
pemberian nilai ke variabel :
A =
5 –> artinya Variabel A akan diberi nilai 5
A = B
–> artinya Variabel A akan diberi nilai sama dengan nilai variabel B.
A =
A + 1 –> Variabel A dirubah isinya dengan variabel A yang dijumlahkan dengan
1.
Jenis
variabel terbagi atas:
1.
Variabel numerik –> berisi angka numerik / bilangan.
2.
Variabel string –> berisi karakter / untaian karakter
Struktur
Branching / Percabangan
1.
Bersyarat
Diagram
yang alurnya ada / banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan dan terjadi
apabila kita dihadapkan pada suatu kondisi dengan dua pilihan BENAR/SALAH. Struktur dari percabangan yang bersyarat
terdiri dari:
– If
Then
– If
Then Else
– If
Then Else If
–
Case of
2.
Tidak Bersyarat
Struktur
: GO TO
Bentuk
umum penulisannya adalah GO TO Label
Komentar
Posting Komentar